::. NEWS
Deteksi Dini Untuk Menekan Biaya Pengobatan Kanker    Bookmark and Share

Jakarta, 22 Februari 2012; Penyakit kanker menjadi beban ekonomi bagi individu, keluarga, dan negara. Tahun 2010, Program Jamkesmas mengeluarkan dana lebih dari Rp 143 milyar untuk rawat inap penderita kanker di kelas-3 rumah sakit. Selain itu data PT Askes tahun 2010 menunjukkan pengobatan kanker menempati urutan ke-4 dalam penyerapan biaya.

Tahun 2011 terjadi lonjakan bermakna dalam pembiayaan kanker Program Jamkesmas sebesar 8%. Jenis kanker yang dibiayai didominasi oleh kanker payudara (30%) dan kanker serviks (24%).

Hal ini disampaikan oleh Menkes RI, dr. Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH, Dr.PH, pada acara peringatan Hari Kanker Sedunia bersama Ibu Negara, Ani Bambang Yudhoyono, di Istana Negara (22/2). Turut hadir pula Prof. Nila Moeloek selaku ketua Yayasan Kanker Indonesia. Hari kanker Sedunia diperingati setiap tanggal 4 Februari. Untuk tahun ini Kementerian Kesehatan bersama Yayasan Kanker mengangkat tema "Bersama Kita Atasi Kanker"

"Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2007 menunjukkan prevalensi tumor/kanker adalah 4,3 per 1000 penduduk, artinya dari setiap 1000 orang Indonesia sekitar 4 orang di antaranya menderita kanker," kata Menkes.

Prevalensi tumor/kanker tertinggi tercatat di Provinsi DIY, yaitu 9,6 per 1000 penduduk, terendah di Provinsi Maluku, yaitu 1,5 per 1000 penduduk. Prevalensi tumor/kanker umumnya lebih tinggi pada perempuan, sebesar 5,7 per 1000 penduduk dibandingkan dengan pada laki-laki, sebesar 2,9 per 1000 penduduk.

Menurut data dari Sistim Informasi Rumah Sakit (SIRS) 2008 jumlah penderita kanker payudara (18,4%) dan kanker leher rahim atau kanker serviks (10,3%)menduduki urutan pertama dan kedua terbanyak.

Menkes menegaskan kebijakan Pemerintah untuk pengendalian kanker bertumpu pada upaya promotif-preventif. Yakni peningkatan perilaku hidup sehat, seperti : tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, banyak mengkonsumsi sayur-buah, serta melakukan aktifitas fisik dengan benar dan teratur. Kebijakan ini dilaksanakan melalui promosi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Melalui deteksi dini, penyakit kanker dapat ditemukan pada stadium awal dan perkembangan penyakit ke tingkat yang lebih berat dapat dicegah maupun dikendalikan.

Sejak tahun 2007, dilaksanakan program deteksi dini dan tindak lanjut penyakit kanker. Untuk kanker payudara dilakukan dengan metoda Clinical Breast Examination (CBE) dan Periksa Payudara Sendiri atau Sadari.

Untuk kanker serviks, deteksi dini dilakukan Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) dan Krioterapi di Puskesmas. Melalui kerja sama dengan berbagai profesi dan organisasi, saat ini 17 provinsi telah melaksanakan deteksi dini kanker dan pada tahun 2014 ditargetkan seluruh provinsi di Indonesia telah mampu melaksanakannya.

Program deteksi dini kanker serviks dan payudara dengan metode IVA dan CBE telah dicanangkan sebagai program nasional sejak 21 April 2008 oleh ibu negara, nyonya Ani Bambang Yudhoyono.

Kementerian Kesehatan juga sudah mengembangkan program deteksi dini kanker untuk anak khususnya penderita penyakit leukimia, Retinoblastoma, Kanker Tulang, Neuroblastoma, Nasofaring dan Lymphoma.

.
   Bookmark and Share
(Sumber: Redaksi, 22-02-2012 )


kembali ke depan | komentar (0)



Pentingnya Keluarga. Keluarga adalah sarana pendukung untuk meningkatkan ketakwaan, bukan sekadar amanah dan tanggung jawab. Keluarga menjadi modal dan motivator dalam menghadapi berbagai persoalan. Karena itu untuk meraihnya harus ikhlas, ikhtiar, tawakal. Kesuksesan akan mengikutinya. Kumpulan Hikmah dan Motivasi. »» klik disini  Bookmark and Share


MAPS SOLUSI JITU . Belajar MAPS ngga pake ribet. Bisa dilakukan sama yang GAPTEK. Akan diajari membuat bisnis internet, membangun toko online dengan pasif income 24 jam sehari, 365 hari terus menerus MAPS SOLUSI JITU . »» klik disini


» Mengenali Gejala Pre-Diabetes.
» Cegah Stroke Dengan Tomat.
» The Power of Kawaii.
» Mendatangkan Income dengan MAPS.
» Membangun Kesadaran Berkontrasepsi.
» Aishwarya Rai Bachan Jadi Duta PBB Untuk HIV.
» Yogurt Rendah Kalori Cegah Hipertensi.
» Untuk yang GAPTEK di RWP Saja.
» Apa sih MAPS itu.
» Hobi Bisa Mendatangkan Duit.
» Beckham Siapkan Sarapan untuk Buah hatinya.
» Langsing Dengan Ekstrak Biji Kopi.
» Infant Warmer Penyelamat Bayi Prematur.
» Ingin Langsing Cobalah Sarapan Telur.




Copyright (c) 2007 Ottorita Swaniaga 

web stats
  View My Stats


Cheap Cigarettes Online Free Shipping - Buy Now!